OPEN RECRUITMENT TRAINER SAGUDISTRO

Logo SAGUDISTRO

OPEN RECRUITMENT TRAINER SAGUDISTRO

Tahukah Anda kedahsyatan bercerita?

Menurut Profesor Jennifer Aaker dari Stanford University, cerita mampu diingat 22 kali lebih kuat dibandingkan data dan angka. Wow 22 kali.

Itulah sebabnya di kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur’an banyak gaya penyampaian dengan cara bercerita (storytelling).

Misalnya ketika menggambarkan pertarungan Nabi Musa dengan para penyihir. Allah SWT tidak menyampaikan nya dengan data dan angka. Misalnya: jumlah penyihir yang mengepung Nabi Musa ada 30 orang, tempatnya di pelataran istana Fir’aun. Tidak seperti itu. Tapi kejadian itu di Al-Qur’an disampaikan dengan gaya bercerita. Sehingga kita bisa merasakan apa yang Nabi Musa rasakan waktu itu. Kita juga bisa merasakan seperti apa suasana saat itu, pergolakan batin yang terjadi, dsb. Dan yang lebih penting, itu tertanam kuat di memori kita.

Itulah dahsyatnya bercerita (storytelling).

Bisa dibayangkan jika ini kita terapkan pada pembelajaran yang kita lakukan di kelas. Apapun mata pelajaran nya. Bisa dibayangkan betapa menghujamnya di memori siswa kita.

Namun tidak semua guru pandai bercerita di depan siswanya. Yang terbiasa mengajar dengan cara menyampaikan data dan angka tentu akan kesulitan ketika mencoba bercerita.

Maka solusinya adalah membuat cerita digital (Digital Storytelling), yang bisa dibuat di rumah. Atau bisa juga memanfaatkan Digital Storytelling yang dibuat oleh guru2 lain se Indonesia. Tinggal cari yang topik nya sesuai dengan materi yang akan kita ajarkan di kelas.

Itulah cita2 besar dibalik didirikannya SAGUDISTRO (Satu Guru Satu Digital Storytelling). Yaitu setiap guru mampu membuat Digital Storytelling yang akan ditampilkan di kelasnya sebelum pelajaran dimulai dengan durasi 3-5 menit, yang akan merangsang ketertarikan siswa terhadap pelajaran dan membantu menanamkan pelajaran ke dalam memori siswa lebih dalam.

Mari bergabung menjadi Trainer SAGUDISTRO dengan cara klik tautan di bawah ini:
https://chat.whatsapp.com/55SZArhdcoY216nD47mREt

Ferdiansyah Syaiful Hijrah
Pendiri SAGUDISTRO

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *