Cara Membuat Surat Pernyataan dan Surat Izin Kepala Sekolah untuk mengikuti kegiatan Kesharlindung Kemdikbud

Sebagai sebuah profesi, guru memerlukan wadah untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan kompetensinya. Saat ini banyak ajang yang bisa digunakan oleh guru untuk mengembangkan diri. Salah satu yang menjadi primadona adalah kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Subdit Kesharlindung (Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan) baik Dikdas (membawahi SD dan SLTP/sederajat) maupun Dikmen (membawahi SMA/sederajat) yang merupakan unit di bawah Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagaimana tidak menjadi primadona, kegaiatan-kegaiatan yang diseleggarakan oleh Kesharlindung adalah kgiatan level Nasional, termasuk fasilitasnya. Kegiatan-kegiatan itu sebut saja diantaranya: Seminar Nasional (SEMNAS), Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL), Bimtek Perlindungan Guru, dll. Namun untuk bisa menembus kegiatan-kegiatan di Kesharlindung tidak mudah, harus bersaing dengan guru-guru hebat dari seluruh Indonesia, dan cukup banyak syarat yang harus dipenuhi. Namun dengan tekad yang kuat, kerja keras, dan tentu saja do’a kepada Yang Maha Kuasa, mengikuti kegiatan Kesharlindung bukan hanya mimpi.

Diantara syarat yang masih banyak ditanyakan cara pembuatannya adalah Surat Pernyataan dan Surat Izin Kepala Sekolah.

Cara pembuatan Surat Pernyataan dan Surat Izin Kepala Sekolah sebenarnya sangat mudah. Caranya adalah: baca pedoman. Karena biasanya di pedoman sudah sangat jelas.

Namun apabila banyak guru yang merasa masih bingung, di bawah ini saya berikan beberapa contoh Surat Pernyataan dan Surat Izin maupun Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Contoh yang saya lampirkan di bawah terbukti disetujui oleh Kesharlindung, karena saya bisa tembus kegiata Kesharlindung berkali-kali. Alhamdulillah.

Download Contoh Surat Pernyataan untuk Seminar Nasional (SEMNAS)

Download Contoh Surat Izin Kepala Sekolah untuk Seminar Nasional (SEMNAS)

Download Contoh Surat Pernyataan untuk Lomba INOBEL (Inovasi Pembelajaran)

Download Contoh Surat Izin (Rekomendasi) Kepala Sekolah untuk Lomba INOBEL (Inovasi Pembelajaran)

Demikian. Semoga bermanfaat

 

NB: dibawah ini adalah beberapa foto ketika saya terpilih mengikuti kegiatan-kegiatan Kesharlindung.

Diseminasi Nasional
Workshop Literasi
Seminar Nasional
INOBEL 2018
Facebook Comments

2 Replies to “Cara Membuat Surat Pernyataan dan Surat Izin Kepala Sekolah untuk mengikuti kegiatan Kesharlindung Kemdikbud”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *